WELCOME MY BLOG P4NDUSiifu.Blogspot.com

Kamis, 27 Februari 2014

Mekanisme Kerja Dari CSMA/CD Dan CSMA/CA

CSMA/CD adalah kependekan dari Carier   Sense   Multiple   Access/Collision   Detection  ialah   modifikasi   dari CSMA(Carier Sense Multiple Access) di mana terjadi peningkatan performa dengan menghentikan transmisi   jika   terjadi   tabrakan(collision)   dan   mengurangi   terjadinya   tabrakan   lagi   pada   percobaan ransmisi signal berikutnya.
Ethernet adalah protokol klasik CSMA/CD. Setiap interface harus menunggu sampai tidak ada sinyal pada channel, kemudian baru memulai transmisi. Jika beberapa interace men-transmisikan maka akan ada sinyal pada channel(carrier). Semua interface yang lain harus menunggu sampai  carrier berhenti sebelum mencoba untuk men-transmisikan(carrier sense).
CSMA/CD  adalah   protokol   layer   kedua   pada  OSI  model.   Protokol   ini   didesain   untuk menyediakan akses yang adil untuk sebuah channel yang digunakan bersama-sama sehingga semua stasiun mendapat kesempatan untuk menggunakan network. Setelah setiap paket transmisi pada semua station menggunakan  CSMA/CD  protokol untuk menentukan stasiun mana yang berikutnya untuk mengunakan channel ethernet.
cara kerja csma/cd
Ketika host ingin mengirim melalui sebuah network, pertama akan memeriksa keberadaan signa di jalur yang akan digunakan. Jika seluruh jalur kosong (tidak ada host yang sedang melakukan proses pengiriman) maka host akan melakukan proses pengiriman. Host pengirim juga akan mengamati jalur yang digunakan untuk menjamin tidak ada host lain yang melakukan pengiriman data. Jika host mendeteksi adanya signal lain pada jalur, kedua host akan mengalami collision dan seluruh host yang terdapat dalam network tersebut akan mengalami status jam. Kedua host yang menyebabkan terjadinya collision akan men-set timer, untuk memilih host yang mempunyai hak melakukan pengiriman terlebih dahulu.
Ethernet di dalam layer data link bertanggung jawab mengelola physical addressing yang biasa dikenal dengan nama MAC address atau hardware address. Ethernet juga bertanggung jawab melakukan proses pengemasan packet yang diterima dari layer network ke dalam bentuk frame agar dapat diimplementasikan ke media fisik.
Ethernet di layer1 dapat diimplementasikan pada lingkungan jaringan hub. Jika sebuah station mengirimkan frame, semua device harus melakukan synkronisasi ke sinyal digital yang dikirimkan oleh station pengirim. Semua device yang menggunakan media fisik yang sama dan menerima frame dari station pengirim tersebut merupakan bagian dari collision domain. Jika dua station melakukan pengiriman secara bersamaan akan mengakibatkan munculnya collision
CSMA/CA merupakan protokol contention pada jaringan yang bisa melakukan analisa kondisi jaringan untuk menghindari collisions.CSMA/CA menghabiskan traffic karena sebelum ada data ditransmisikan ia akan mengirim sinyal broadcast pada jaringan untuk mendeteksi skenario atau kemungkinan terjadinya collision dan memerintahkan semua perangkat untuk tidak broadcast.tidak seperti CSMA/CD yang memakai pengaturan transmisi jaringan ketika terjadi collisions. CSMA / CA adalah protokol yang beroperasi di Data Link Layer (Layer 2) dari model OSI
CSMA / CA telah digunakan dalam berbagai sistem komunikasi kabel, sangat bermanfaat dalam LAN nirkabel karena masalah umum beberapa stasiun mampu melihat Access Point, tetapi tidak satu sama lain. Hal ini karena perbedaan daya pancar, dan menerima sensitivitas, serta jarak, dan lokasi sehubungan dengan AP .
CSMA / CA kinerja sebagian besar didasarkan pada teknik modulasi yang digunakan untuk mengirimkan data antara node

1 komentar:

  1. Pusing broh bacanya, background item, tulisan merah. Saran aja sih

    BalasHapus